1.Pastikan oli mesin cukup dan aki punya setrum penuh
2.Panaskan mesin sampai suhu kerja normal,matikan mesin
3.Lepaskan semua busi
4.Pasang alat ukur kompresi pada lubang busi silinder no.1
5.Injak pedal gas sampai habis
6.Start mesin hingga tekanan kompresi mencapai nilai tertinggi
7.Lakukan tes yang sama pada lubang silinder yang lain
Tekanan kompresi,standar = 11kg/cm
Limit = 9,0 kg/cm
8.Bila rendah atau tidak rata,lakukan tes ulang setelah memasangkan busi ke dalam lubang silinder yang nilai kompresinya paling rendah:
a.Bila tekanan kompresi naik,berarti ring piston silinder aus
b.Bila tekanan tidak naik,tandanya permukaan kepala silinder tidak rapat
c.Bila dua silinder yang berdekatan tekananya naik,kemungkinan penyebabnya adalah karter silinder di antara dua silinder itu sudah bocor.
Rabu, 07 Januari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
2 komentar:
Tanya dong Om.. Saya amin dari bekasi
Saya pakai kowa seiki pressure gauge.
Pada pipa/selang alat kompresi tersebut ada semacam baud.
Kalau dilepas/dikendurkan setelah distarter tekanan langsung nol kembali.
Kalau dikencangkan, setelah di starter tekanan naik dan tidak turun lagi, tetapi pada kompresi 7Kg selang melejit (sepertinya sambungannya tidak begitu kuat).
Sebaiknya baud tersebut dikencangkan atau bagaimana, soalnya saya tidak pernah bisa mencapai hasil test diatas 7Kg/cm2 karena keburu melejit.
Atas jawabannya terima kasih banyak
Lubang baut di senai saja, dan baut d ganti dengan yang lebih besar
Posting Komentar